Wonosobo [punya] cerita

Mengagumi Perintah Berpuasa

1 Jul 2015 - 18:53 WIB

Pada dasarnya, tiap ibadah dalam Islam mesti berpangkal pada kebaikan. Jasmani rohani. Dunai akhirat.

Tiap perintah Allah Swt mengandung hikmah luar biasa. Termasuk perintah berpuasa di bulan Ramadhan. Nabi kita menjelaskan, pahala puasa akan diberikan oleh Allah Swt langsung. Tanpa perantara. Puasa, sabda Rasulullah, juga dijamin membawa kesehatan bagi pengamalnya.

Puasa bukan sekadar menyehatkan secara fisik. Tapi juga rohani. Dari sisi medis, dengan berpuasa, tiap organ pencernaan kita akan mendapat kesempatan untuk ‘ beristirahat’. Meski beristirahat sementara, hal ini memberi dampak postif bagi tubuh.

Puasa akan berimbas bagi positif tubuh, selama kita tak memiliki angan untuk ‘balas dendam’. J. Kok ada acara balas dendam segala ? Itu lho, kebiasaaan makan-minum segala ketika waktu berbuka. Ya, jangan berlebihan ketika sudah tiba waktu bersantap. Makan secukupnya. Minum secukupnya. Dan bila perlu konsumsi vitamin.  Ini dia tiga kunci utama, agar puasa benar-benar bisa membawa kebaikan bagi tubuh. Bukan sebaliknya.

Naik ke tingkat selanjutnya. Dari sehat secara fisik ke kesehatan rohani. Puasa yang secara bahasa berarti ‘menahan’ adalah ibadah yang menuntut pengmalnya menjauh dari hal-hal yang dilarang agama. Orang yang berpuasa dituntut tak hanya agar mampu menahan diri dari makan-minum, tapi dari tiap hal tercela.

Nah dari sini, ketika kita bisa menghindar dari tiap hal tercela, dan apalagi mengisi hari dengan melakoni pelbagai ibadah, maka akan berdampak positif pada kesehatan rohani kita. Secara perlahan hati kita akan menjadi lebih lembut. Lebih bening. Lebih sehat. Lebih bersemangat untuk beribadah. Iya kan ?

 Akhirnya, mari memuji Allah, yang sudah menurunkan perintah berpuasa. Perintah yang luar biasa mengagumkan. Perintah yang membawa kebaikan sejati bagi tiap muslim yang melaksanakannya.

 

 

 

http://uc.blogdetik.com/fs/153/153515/media/2015/06/18/1434619962314394239.gif


TAGS  


Author

In'am Al Fajar
penikmat kopi dan buku. blog lainnya : http://catatanpakguru.web.id

Recent Post

Recent Comments

Categories

bulan menulis