Wonosobo [punya] cerita

Mencintai Musik Indonesia, Mencintai Musik yang ‘Gue Banget’

25 Oct 2013 - 11:50 WIB

Ini lagu gue banget. Begitu ungkapan yang sering terjun bebas dari mulut kita, kala ndengerin lagu yang pas dengan suasana hati. Yups, mau gimana aja suasana hati kita, mau lagi berbunga-bunga, galau, sakit, move on, kangen, hingga nostalgia, herannya kok ya ada aja lagunya.

Di tangan-tangan kreatif musisi anak bangsa, tiap rasa dan warna perasaan hati itu bisa jadi alunan lagu yang indah.

So, udah sepantesnya dong kita ngucapin banyak terimakasih pada mereka, para pencipta lagu sekaligus penyayinya. Karena berkat merekalah kita bisa menikmati musik-musik yang ‘gue banget’ itu.
Lalu gimana cara ngungkapin rasa makasihnya ? apa cukup bilang ‘makasih ya’, dengan mata berbinar-binar kaya gini.

c67e6aa18efed742b47dc48554511b67_profiles_spongbob_5838_282668_media

Duh, kebangetan banget sih kita, kalo cuma kaya gitu. Inget Bro, untuk nyiptain musik-musik gue banget’ itu, para musisi kita udah susah payah, ngorbanin banyak hal, mulai dari pikiran, materi, tenaga hingga waktu yang jelas ngak sedikit.

7debcd00d2249e1f966501ea449224ae_patrick-spongebob_00381807

40517cc7345f9f040230d33c92ae1bca_sandy_cheeks

ac14ca73b92830007d84560ed7e7b6c6_spongbob

Semua yang terangkum dalam Sembilan rumus cinta musik Indonesia ala Wanasabani.

6a1019eedc59d7cdc855790fc6d22570_spongebob_and_his_best_friends_by_lazyashell

1. Njadiin musik Indonesia Sebagai Pilihan Utama

a4a9489a0393bfc6c889b1be9efb3497_iwanfals1

Rumus cinta pertama, cintai musik Indonesia dengan njadiin musik karya anak bangsa sebagai pilihan utama. Yups, pilihan utama untuk hiburan, refreshing dan nemenin beragam aktifitas.
Gimana bisa, loe ngaku-ngaku cinta sama musik Indonesia, kalo buat ndengerin musik Indonesia saja, loe ngak pernah, betul ngak ?

2. Beli kaset, Cd dan Dvd Original Dong

7133e9de8d18e9592f9bf22e80c1a191_isi-1-konser-glennn

Lanjut ke rumus kedua, cintai musik Indonesia dengan beli kaset, cd dan dvd original musik Indonesia. Siapa bilang kalo yang original itu mahal ?. Kalo gue bilang sih justru yang bajakan itu yang lebih mahalan. “Kok bisa ?”

Gini Bro, coba deh sekali-kali kita itung-itungan. Misalnya nih gue dan loe beli yang bajakan. Udah beli nih ceritanya ya. Lalu nyampai rumah kaset, cd atau dvd ini kita play. Gue, sekarang mau tanya, gimana tuh kualitas suara dan gambarnya ? kira-kira bakalan sama ngak kaya original. Jawabannya pasti enggak lah. Kalo kata orang jawa ‘jer basuki mawa bea’, rego ngawa rupa.

Harga yang kita beli untuk sebuah kaset, cd dan dvd original itu sejatinya sebanding dengan kualitasnya. Selain itu nih, mas dan mbak Bro, yang original itu mesti jelas lebih awet. Ngak seperti yang bajakan tuh, belum genap di play hitungan jari aja, bisa jadi udah bleret’ (ngak jelas suara dan gambarnya).

Membeli kaset, cd, dan dvd original juga bikin perasaan kita lebih nyaman. Gue dan loe pastinya udah tahu kalo beli bajakan itu nglanggar aturan agama dan hukum yang ada. Saat kita nekat bajakan, kita sejatinya lagi bohongin diri kita sendiri. Wong udah tahu dilarang kok masih dilanggar aja. Nah bohongin diri kaya gini yang buat hati dan perasaan kita ngak nyaman.

3. Download Musik Legal Alias Resmi

94865683cbe1a1a80413e14223148714_untitled

Langit Musik, Cara Asik Cari Musik

Rumus cinta ketiga, cintai musik Indonesia dengan nge-download musiknya yang legal. Iya dong, jangan pernah bangga deh kalo punya gadget keren tapi isinya musik illegal semua. Kalo beli gadget yang wah’ gitu aja bisa, masa’ buat download musik yang legal ngak bisa.

Ngomong-omong soal download nih Bro, ada satu situs asik buat nge-download lagu legal, namanya langitmusik.com. Sama kaya moto langit musik, ‘ cara asik cari musik‘, nyariin lagu di tempat ini memang asyik beneran. Gimana ngak asik coba, sambil nyari-nyari lagu favorit buat di download, di langit musik kita bisa ndengerin streaming musik lagunya. Dengerin dulu lagunya, kalo dah ngrasa cocok, baru download. Selain dengan berkunjung langsung ke website langitmusik.com, kita juga bisa download dan menikmati streaming langit musik lewat widget blog langit musiknya lho. Seperti yang nangkring di pojok kanan atas blog ini.

Nambahin tentang langit musik nih, ada tiga pilihan paket streaming dan download di situs ini, yakni paket premium ( Unlimited Rp. 10.000 / 30 hari), paket Flash (unlimited Rp 0/ 30 hari (Khusus buat pelanggan Telkomsel Flash), dan juga paket basic preview streaming Rp.0/30 hari.

Mau paket yang mana, tinggal sesuaikan saja sama minat dan kebutuhan kita tentunya.

4. Aktifin NSP

Rumus cinta nomer empat, dan ini masih lekat dengan nomer tiga nih. Cintai musik Indonesia dengan ngaktifin NSP alias nada sambung pribadi buat gadget kesayangan.
Tinggal pilih saja, apa lagu favorit loe, lihat ketentuannya, lalu aktifin deh NSP nya. Tentang NSP ini, Langit Musik juga very recommended banget deh. Aktifin dan perpanjang terus NSP langit musik, dan siap-siap saja buat kebanjiran hadiahnya.

5. Ikutan Kampanye ‘Stop musik bajakan’

88b9beba4ce5439dda2177413f647b1e_ahokorg

Lanjut ke rumus ketiga. Cintai musik Indonesia dengan ikutan kampanye stop musik bajakan’. Yupz, kampanye. Tapi bukan kampanye model kampanye kaya orasi-orasi politik gitu pastinya.
Minim-minimnya kita mesti kampanye buat diri sendiri, syukur-syukur bisa sekalian ngajakin, enyak, babe, dan encing sekalian. Mulai kampanye lewat hal yang sederhana, kecil dan sekarang juga, seperti misalnya nih ngak beli kaset dan cd bajakan, download musik yang legal dan lain sebagainya.

Bagi gue dan loe yang suka nulis, kita bisa juga ikut kampanye stop musik bajakan’ lewat tulisan, tuangkan ide dan gagasan soal musik Indonesia dan bahaya musik bajakan di blog pribadi, jejaring sosial, atau lewat media cetak dan elektronik yang ada.

Kampanye stop musik bajakan’ juga bisa kita lakuin dengan ambil bagian dalam kontes dan lomba dengan tema serupa. Salah satunya ya ikutan kontes blog langit musik ini.

6. Nyampein Dukungan dan Apresiasi Buat Para Musisi Lewat Jejaring Sosial

e6797850a41c4f3f63092ca5e10ee097_pulau-jeju1

Menggenapi rumus cinta berikutnya. Katakan cinta pada musik Indonesia dengan nyampein dukungan alias support langsung pada para musisi kita. Di tengah zaman yang serba mudah ini hal kaya gini jelas bukan perkara sulit kan.

Manfaatin aja jejaring sosial yang ada, misalnya facebook, twitter, blog dan lain sebagainya. Add atau jadi follower mereka. Lalu sampein deh, bentuk ungkapan dan apresiasi karya musik mereka. Ungkapan tulus yang datang dari hati terkadang jauh lebih berharga ketimbang materi sebanyak apapun.

7. Berbagi Saran dan Kritik Membangun untuk Musik Indonesia

232d76a722df37832846e942aea99f03_gigi04

Nyampe di rumus nomor tujuh nih. Cintai musik Indonesia dengan berbagi saran dan kritik membangun untuk perkembangan musik Indonesia. Sumbangan saja ide-ide segarmu untuk kemajuan musik karya bangsa. Jangan sungkan-sungkan deh. Cara termudah ya, lewat jejaring sosial lagi.

Wajar dan boleh-boleh aja dong kita ngefans sama penyanyi atua grup band tertentu. Tapi ingat, jangan juga nyampe berlebih-lebihan deh. Kalo bahasa lagu dangdutnya sih ‘yang sedang-sedang saja’.
Sebagai penikmat karya musik bangsa, gue dan loe juga punya kewajiban buat njagain musik Indonesia agar tetep berjalan di rellnya.

Alhasil, kita ngak perlu sungkan-sungkan nyampein setiap ide dan kritik untuk tiap insan di blantika musik Indonesia, kalo-kalo ada hal yang dirasa tak pas dengan adat ketimuran bangsa, seperti model pakaian dan lyric musik yang dirasa kurang mendidik.

Inget, kata pepatah Bro, kalo orang bener-bener mencintai itu, bukanlah orang selalu membenarkan tiap hal yang dilakukan kekasihnya, tapi yang mau ikut mengingatkan apa-apa yang dilakuin sang kekasih. Memberi saran dan kritik pada musik Indonesia, bukan berarti ngak cinta, justru itu dia tanda cinta kita pada musik karya anak bangsa.

8. Berbagi Like’ dan Komentar Positif di Youtube

54b107ff19c975d9db033525ecc9727b_noah-6

Nyambung ke rumus ke delapan, dan ini lagi-lagi masih nyambung sama sosmed dan internet. Mas dan mbak Bro pasti tahu Youtube kan ? itu lho situs berbagi video yang paling kondang.

By the way tentang youtube dan musik nih, sudah bukan rahasia lagi dong, kalo youtube jadi media andalan buat promosi musik dunia. Boomingnya PSY dengan gangam style nya misalnya, semua berawal dari youtube.

Maka di rumus kedelapan ini, bila pas gue dan loe singgah di youtub nih, jangan lupa deh, buktikan cinta kita pada musik Indonesia dengan memberi like’ dan komentar positif untuk musik Indonesia. Jangan malah ngeluarin statement dan komentar caci maki dong. Katakan pada dunia, ini dia musik Indonesia kebanggan kita !

9. Sekali-kali, Boleh Juga Nonton konser langsung

The last, nyampe juga kita di rumus cinta terakhir. Rumus ini sifatnya mubah alias ngak wajib sebenarnya. Tapi boleh dan rekomendasi dilakukan. Buktikan cinta kita pada musik Indonesia dengan nonton konser musik penyanyi dan grup band kesayangan kita langsung. Live in Concert.

Dan akhirnya, nyampe juga di ujung tulisan ini, gue ucapin makasih banyak buat kawan yang udah sempatin baca-baca. Akhir kata, Maju Terus Musik Indonesia !

Salam Wanasabani-dari Wonosobo Jawa Tengah

Sumber Foto : Detik Foto dan Internet


TAGS   Cinta Musik Indonesia / Langit Musik /


Author

In'am Al Fajar
penikmat kopi dan buku. blog lainnya : http://catatanpakguru.web.id

Recent Post

Recent Comments

Categories

bulan menulis