Wonosobo [punya] cerita

PLN Bersih, Untuk PLN yang Bebas Suap dan Korupsi

20 Oct 2013 - 19:26 WIB

Seandainya ada semacam award untuk institusi atau komisi tersibuk di negeri ini, barangkali award itu akan jatuh ke KPK. Lihat saja, bagaimana komisi pemberantasan korupsi ini bekerja. Siang malam membongkar kasus demi kasus korupsi. Memanggil satu persatu saksi serta terduga korupsi, memintai keterangan, menetapkan status tersangka, dan lalu menyeretnya ke meja hijau. Kita pun dibuat tertegun-tegun, melihat panjanganya daftar pesakitan tangkapan KPK.

Setelah kasus korupsi Hambalang, korupsi pengadaan Al Qur’an, korupsi simulator SIM, korupsi impor daging sapi, dan kasus suap MK, publik tak lagi sabar menunggu kabar, kasus korupsi apalagi yang diungkap KPK.

Satu sisi kita boleh berbangga atas kinerja hebat KPK. Apresiasi dan rasa terimakasih patut kita haturkan pada Komisi ini. Namun sejatinya, terbongkarnya deretan kasus korupsi ini membuat kita kian mengelus dada. Sadar dan nelangsa, betapa kasus korupsi sungguh tak pernah usai terjadi di negeri ini.

fe101ed71bd84b6fb3d0ca73737c19f7_korupsiilustrasi

Korupsi dan anak cucunya seperti kolusi, nepotisme dan suap memang bisa menggiyurkan siapa saja. Tak pandang pangkat dan jabatan. Tak juga pandang ruang dan waktu. Dimana letak kekuasan, disitulah peluang korupsi itu ada.

Padahal jelas, setiap tindakan korupsi menimbulkan dampak dan kerugian luar biasa. Terlebih bila pelakunya adalah aparatur dan pejabat tinggi negara. Cita-cita keadilan dan kesejahteraan sebuah bangsa bakal membias bak fatamorgana, manakala korupsi begitu mengakar di tengah kehidupan bangsa.

Kala korupsi kian membahana, maka kian nyatalah lagu bang Haji Rhoma, yang kaya makin kaya, dan yang miskin makin miskin.

Genderang perang melawan korupsi memang harus ditabuh oleh semua elemen bangsa, tak terkecuali oleh kita. Sudah barang tentu sesuai dengan kadar kemampuan dan kedudukan masing-masing. Sudah saatnya, kita bergandeng tangan dan saling support untuk menolak tegas setiap tindakan korupsi.

93ec413b6a1656ad6b2df071615321ed_korupsi

Maka begitu mendengar kabar gembira, peluncuran program PLN bersih yang bebas suap dan korupsi oleh PT PLN, saya pribadi, sebagai blogger dan pengguna jasa PLN merasa memiliki kewajiban untuk mendukung program ini. Di tengah tersandungnya berbagai kementrian dalam kasus korupsi, langkah berani PT PLN sebagai perusahaan listrik negara untuk tampil bersih dan bebas dari korupsi jelas patut diacungi jempol.

Mengenal Lebih Dekat PLN Bersih

c849d89e28927f309ab986823e4d8346_web-banner-pln-bersih-850x285

Lewat program PLN bersih, PT PLN (Persero) berusaha mengkokohkan diri sebagai Good Corporate Governance (GCG) yang bebas dari praktek korupsi. Program ini memberikan porsi ketat dalam setiap proses pengadaan dan pelayanan pada pelanggan PLN, sehingga potensi untuk korupsi, kolusi, nepotisme, suap hingga pungutan liar bisa dicegah sedini mungkin.

PLN nampaknya sadar benar bila korupsi bisa lahir dimana dari siapa saja. Oleh karenanya tiap lubang dan celah yang berpotensi melahirkan korupsi harus ditutup rapat-rapat. Manajeman pengawasan dan sistem yang baik mesti ditampilkan untuk menangkal setiap kemungkinan tindak korupsi. Sebab jelas, bila rumus munculnya korupsi bukan hanya lantaran ada niatan pelakunya, tapi sebab ada kesempatan.

Untuk saat ini, PT PLN menunjuk 13 unitnya sebagai pilot projek PLN Bersih. Ketiga belas unit dimaksud adalah PLN Wilayah Bangka Belitung, PLN Wilayah Sumatera Utara, Unit Pembangkitan Jawa Bali, PLN distribusi Jakarta Raya dan Tangerang, PLN Disrtibusi Jawa Barat dan Banten, PLN Distribusi Jawa Tengah dan Yogyakarta, PLN Distribusi Jawa Timur, PLN Distribusi Bali, PLN Distribusi Lampung, dan PLN Pusdiklat, PLN Jasa Sertifikasi, PLN Pusat Pemeliharaan Ketenagalistrikan, serta PLN Pusat Penelitian dan Pengembangan.

Rumus munculnya korupsi bukan hanya lantaran ada niatan pelakunya, tapi sebab ada kesempatan

Sebagai penguat gerakan PLN Bersih ini, PT PLN juga menjalin kerjasama dengan jaringan organisasi global anti korupsi Transparency International Indonesia (TII). Apa itu TII ? Transparency International Indonesia (TII) adalah salah satu chapter Transparency International, sebuah jaringan global non goverment antikorupsi yang aktif mempromosikan transparansi dan akuntabilitas kepada lembaga-lembaga negara, partai politik, bisnis, dan masyarakat sipil

Kerjasama PT PLN dengan TII ini melingkupi reformasi untuk bidang pengadaan barang dan jasa, juga reformasi di sisi pelayanan pelanggan.

4 Pilar PLN Bersih

93b766fdb3332f2616bb2180209a59a3_pita

Dalam pelaksanaan program PLN Bersih, PT PLN memancang 4 pilar utama yakni

1. Partisipasi dari para pegawai PLN dan seluruh stakeholders dalam berkomitmen dan menjalankan dan mendukung program PLN Bersih dengan baik
2. Integritas dari para pegawai dalam bekerja melayani masyarakat sangat penting artinya ntuk membangun budaya PLN Bersih
3. Transparansi dan keterbukaan informasi dan sikap responsif terhadap permintaan informasi publik sangat menentukan dan penting dalam pembangunan budaya PLN Bersih
4. Serta Akuntabilitas yang menuntut pegawai PLN untuk selalu responsif terhadap setiap keluhan pelanggan dan juga mendukung implementasi wishtle blower system dan program pengendalian gratiikasi.
Lewat empat pilar inilah, PLN sebagai penyedia tenaga listrik bagi masyarakat membangun sebuah sistem tertata yang diharapkan tidak saja mampu menangkal tapi benar-benar bisa mencegah praktek korupsi.

Apa Saja Program PLN Bersih ?

Sebagai langkah konkret dari program PLN Bersih, PT PLN telah memulai gerakan nyata, diantaranya mengubah arak kebijakan dalam sistem layanan, pengadaan barang dan jasa, sistem penanganan keluhan pelanggan dan lain sebagainya. Lebih jelasnya, mari kita telusuri satu persatu.

1. Membuat sistem pelayanan yang transparan

Hal ini dilakukan dengan meminimalkan pertemuan tatap muka antara pelanggan dengan pegawai PLN. Lewat website resminya ( http://www.pln.co.id/pbpd/index.php), PT PLN telah membuka layanan online untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya terkait pasang listrik baru , tambah daya, atau juga pasang listrik sementara.

Lewat pelayanan online ini, kita tak akan lagi menemui proses berbelit-belit, tak juga bakal ribut-ribut dengan calo dan mengeluh kesah ditimpa harga layanan yang tak wajar. Sistem online membuat semuanya menjadi kian mudah, jelas dan transparan.

f2ad974d3ff6df03d25c7d691ab651b1_untitled

Layanan Online Untuk Pemasangan Baru

Untuk pemasangan baru misalnya, lewat website PLN, di form yang telah ada, kita hanya diminta mengisi form dengan data diri lengkap mulai dari nama, wilayah/ distribusi, area pelayanan, unit pelayanan, pemda, identitas diri dan alamat rumah lengkap, hingga menentukan sendiri produk layanan apakah pasca bayar atau pra bayar, peruntukan apakah listrik yang hendak kita pasang untuk sosial, rumah tangga, bisnis, publik atau industri, serta pemilihan daya yang hendak dipakai mulai dari 450 hingga 197.000 watt.

Setelah seluruh form terisi lengkap, maka seketika itu kita dapat mengetahui besaran biaya yang harus kita keluarkan untuk pemasangan listrik baru kita. Mudah, cepat dan transparan.

2. Membuat Sistem penangan keluhan pelanggan

3703bf06c5cd00c21e6c0d0e0703a03a_web-banner-cc123

Selain penerapan sistem online, program PLN bersih ini juga memberi porsi seluas-luasnya untuk kompalain alias keluhan pelanggan PLN. Kita bisa melayangkan setiap keluhan dan pertanyaan terkait pelayanan PLN lewat beragam fasilitas yang disediakan, bisa lewat contact center PLN di nomor 123, lewat Official Fans Page PT. PLN (Persero) atau juga lewat twitter @pln_123.

3. Selain dua program diatas, PLN Bersih juga punya serentet kebijakan lain untuk membangun PLN yang bersih suap dan korupsi seperti melakukan perubahan aturan pengadaan barang dan jasa, membangun whistler blower sistem bagi karyawan PLN, memudahkan karyawan yang ingin menyerahkan barang terindikasi gratifikasi, melakukan multi stakeholder forum (mitra PLN) dengan membuat komitmen dan deklarasi bersama untuk tidak melakukan suap dan korupsi.

Harapan Untuk PLN, Catatan Blog Dari Hati

Menyambut hari listrik nasional, yang akan jatuh pada tanggal 27 Oktober nanti, besar harapan saya sebagai pribadi, blogger, dan pengguna jasa PLN, semoga di usia ke 68 ini, PT PLN bisa terus berbenah dan kian maju.

Saya sangat mengapresiasi PT PLN atas program PLN Bersih, untuk PLN bebas suap dan korupsi. Saya yakin benar, bila PLN benar-benar konsisten untuk program ini, PT PLN bisa terus berkembang, tumbuh lebih besar, maju dan profesional. Karena kejujuran dan transparansi adalah modal utama untuk setiap kemajuan.

a38ed2ee5c5a6c62fd313bc03538e4d0_hln-68

Selamat saya ucapkan atas raihan penghargaan Bung Hatta Bung Hatta Anti Corruption Award (BHAC) 2013, kepada Direktur Utama PLN Nur Pamudji atas konsistensinya membuat terobosan untuk menjaga PLN bersih dari korupsi, kolusi dan nepotisme. Semoga penghargaan ini kian menjadi semangat PT PLN untuk terus lebih baik kedepannya.

Sebagai perusahaan listrik negara, semoga PT PLN tak pernah lelah untuk mengabdi kepada bangsa, dan memberikan pelayanan terbaik untuk para rakyat Indonesia. Terus berkarya, berionovasi dan pantang menyerah untuk mengurai dan menyelesaikan persolan terkait penerangan, dan kebutuhan listrik Indonesia. Terus menerangi negeri dengan kemandirian produk bangsa.

Salam Wanasabani– Dari Wonosobo Jawa Tengah

Bahan bacaan ;

www.plnbersih.com

www.pln.co.id


TAGS   PLN Bersih / Bebas Suap / Bebas Korupsi /


Author

In'am Al Fajar
penikmat kopi dan buku. blog lainnya : http://catatanpakguru.web.id

Recent Post

Recent Comments

Categories

bulan menulis