Wonosobo [punya] cerita

Kultum : Tanggung Jawab Seorang Muslim

8 Jul 2012 - 17:58 WIB

Sahabatku

Setiap orang memikul tanggung jawabnya masing-masing.Sesuai dengan usia, kekuatan dan kedudukannya. Ayah sebagai kepala keluarga, memiliki tanggung jawab untuk mencari nafkah bagi keluarganya. Ibu pendamping suami, memiliki tanggung jawab menjaga setiap amanah suaminya baik berupa harta maupun anak. Dan anak sebagai sebagai bagian dari keluarga pun, tak bisa lepas begitu saja dari tanggung jawab. Ia wajib patuh pada kedua orang tuanya, dan ikut menjaga ketentraman serta kehangatan di tengah keluarga.

Begitulah Islam memberi porsi tanggung jawab untuk setiap muslim sesuai dengan tingkat dan kadarnya masing-masing. Dan lebih jauh lagi, setiap muslim memiliki tanggung jawab terhadap dirinya sendiri, pada setiap amal perbuatannya. DR. Ali Abdul Halim Mahmud menyebutkan setidaknya ada 6 tanggung jawab manusia yang diemban setiap manusia.

  1. Tanggung jawab terhadap Allah Swt, Al Qur’an, dan Sunnah Rasulullah Saw
  2. Tanggung jawab terhadap dirinya sendiri
  3. Tanggung jawab terhadap keluarga dan kerabatnya
  4. tanggung jawab masyarakat tempat Ia hidup
  5. tanggung jawab terhadap umat Islam seluruhnya
  6. dan terakhir tanggung jawab terhadap tempat ia melakukan dakah, pergerakan, organisasi, pendidikan atau amal Islam lainnya

Seorang muslim tak hanya sholat dan beribadah untuk dirinya sendiri, tapi Ia memiliki kewajiban mengajak saudara-saudaranya untuk melakukan hal yang sama. Ia tak hanya berkewajiban membentengi dari setiap tindakan aniayaya, tapi ia juga harus menjaga kenyamanan dan keamanan lingkungannya. dan seterusnya.

Dari pemahaman ini, marilah kita bertanya pada diri. sudah sejauh mana kita memenuhi tanggung jawab ini. atau sudah seberapa tinggi, rasa tanggung jawab yang terpatri dalam hati untuk melaksanakan setiap tanggung jawab itu.

Mahasuci Allah yang selalu terjaga, dan tak pernah mengingkari janjinya. Marilah berjalan bersama untuk terus saling mengingatkan satu sama lain. Mengingatkan bahwa setiap amal perbuatan, walau sekecil apapun akan terbalaskan.

” Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)-nya, dan barang siapa yang mengerjakan kejahatan seberat dzarrahpun niscaya dia kan melihat (balasan)nya (QS. Az-Zalzalah : 7-8)

Akhirnya, semoga Allah memberikan kemampuan pada kita untuk melanggengkan syukur, ibadah, dan kebaikan akhlak kita, AMin ya Rabbal ‘Alamin

-Pustaka digital, 08 Juli 2012 - 18.30 WIB


TAGS   1 /


Author

In'am Al Fajar
penikmat kopi dan buku. blog lainnya : http://catatanpakguru.web.id

Recent Post

Recent Comments

Categories

bulan menulis