Wonosobo [punya] cerita

Ingin Hebat, Internet Sehat Dong !

4 Nov 2010 - 11:11 WIB

internet-sehat Tak disangkal, terunduh luasnya video asusila Ariel Peterpan , beberapa waktu lalu dimulai dari internet. Hebohnya kasus ini menambah panjang daftar kelam penyalahgunaan media internet. Di sisi lain, dalam waktu tak jauh berbeda dengan kasus pertama, dengan kearifan serta kecerdasan si brainware (pengguna) dalam browsing, internet sekali lagi menuai bukti, mampu menghasilkan manfaat tiada terkira, dan lagi kesuksesan. Buktinya ? Kisah video lipsync dua dara Bandung, Sinta Nurmansyah dan Jovita Adityasari patut dijadikan contoh. Betapa penggunaan sehat media ini, nyata bikin hebat.

Awalnya Sinta dan Jojo tak pernah mengira, video lipsynnya di youtube bakal menyita perhatian banyak orang. Dua dara asal kota kembang ini, mengaku hanya iseng mengupload video linpsinc keong racunnya.
Tak berselang lama, Sinta Jojo pun mendadak booming. Kreasi unik duo Bandung ini Laris manis menjadi buah bibir masyarakat Indonesia. Dalam peristiwa ini, pemanfaatan cerdas Internet nyata membawa berkah bagi penggunanya. Tak hanya Sinta Jojo, Subur Tahroni sang pencipta lagu Keong racun pun ikutan ketiban pulung. Bahkan beberapa lagu miliknya disebut dibeli secara eksklusif oleh beberapa musisi, luar dan dalam Indonesia. Internet sehat nyata bikin hebat.

Masuk ranah edukasi. Dari Bandung kita mampir ke desa Kalibening di Salatiga. Medio 2003, dunia pendidikan tanah air digegerkan satu sekolah penuh prestasi berbasiskan internet. SMP Alternatif Qaryah Tayyibah namanya. Satu sekolah global di desa kecil Kalibening, tiga kilometer kea rah selatan dari Salatiga Jawa Tengah. Meski berada jauh di pelosok pedesaan, bagi siswa-siswi Qaryah Tayyibah internet bukanlah satu hal yang asing. Bahkan internet bisa diakses disekolah itu full 24 jam. Para siswa tahu betul bagaimana cara menggunakan media informasi sebagai jendela dunia, tempat membuka wawasan untuk berbagai ilmu yang sedang mereka pelajari.

Dengan manajemen yang baik didukung penggunaan sehat internet, SMP Qaryah Tayyibah tampil menyakinkan, mengimbangi sekolah-sekolah dalam lomba cerdas cermat penguasaan materi pelajaran di Salatiga. Bahkan sekolah itu ditunjuk untuk mewakili Salatiga dan lomba motivasi belajar mandiri di tingkat provinsi. Dan tak tanggung-tanggung SMP Alternatif ini dikirim untuk mewakili Salatia dalam Konvensi Lingkungan hidup Pemuda Asia Pasifik di Surabaya. Mau tahu berapa nilai test kenaikan kelas para siswa dikala itu, rata-rata mata pelajaran bahasa Inggris siswa Qaryah Thayyibah mencapai nilai 8,86. Luar biasa.

Dua peristiwa ini makin mengukuhkan, penggunaan internet secara tepat (baca : sehat) ternyata bikin hebat loh !. Tertarik, dan ingin hebat juga, ? (dengan internet). Simak beberapa tips berikut :

1. Mantapkan tujuan

Lebih dahulu, kenali apa tujuan kita menggunakan internet. Apa untuk mencari refrensi, sekedar chat dengan teman, mengisi blog pribadi, atau mungkin yang lainnya. Langkah sederhana ini penting, agar saat penggunaan nantinya kita tak mudah tergoda oleh bisikan-bisikan menyesatkan. Dengan memantapkan niat baik saat awal penggunaan, berarti kita telah selangkah membentengi diri dari efek negatif yang dimungkinkan terjadi.
Niat awal ini juga berarti pertimbangan ketika hendak posting di berbagai jejaring sosial yang kita miliki semacam facebook, twitter, mebo dan lain sebagainya. “Wise While Online, think before posting” slogan khas internet sehat.
Teliti dan prediksi dulu apa dampak dari opini, atau curhatan yang hendak kita posting. Apa ada unsur SARA atau mengandung unsur pornografi, kalau “Iya” sok diganti atu. Ingat, karena sifat bebas Internet, jangan-jangan postingan itu membawa dampak jelek bagi banyak orang.

2. Sadari manfaat Internet

Sejatinya internet adalah gudang ilmu. Banyak sekali manfaat yang dapat kita tarik dengan menggunakannya. Penggunaan secara sehat tentunya. Internet banyak manfaat ? Yupz. Bagaimana tidak penuh manfaat, beragam jenis ilmu dapat kita dapatkan lewat media ini. Dari masalah kantor, sekolah, kuliah, agama hingga dapur sekalipun ada di media ini. Dengan menyadari besarnya manfaat sesuatu, tentu kita akan merasa sayang untuk melewatkan manfaat ini.

3. Jangan umbar data pribadi dan mudah percaya
Tips khusus untuk kita yang suka berbagi lewat jejaring sosial. Jangan mudah mengumbar profil dan foto pribadi pada orang yang tak sepenuhnya kita kenal. Munculnya tindak kejahatan lewat jejaring social, diawali dengan obral profil pada orang yang sebenarnya baru saja kita kenal. Jangan mudah percaya atas berbagai tawaran menggiurkan dari “teman baru”.

keluar dari tips itu, internet juga adalah media “sangat strategis” untuk berbagi dengan sesama. Seperti halnya berbagi lewat blog, bayangkan bila ilmu yang kita miliki meski hanya secuil kita tuliskan di blog dan dibaca dan membawa manfaat bagi banyak orang. Wah…banyak pahala itu.

Demikian tips singkat dan mungkin ” terlalu singkat”. Tapi semoga bermanfaat. Sangat senang sekali jika sahabat semua mau berkenan menambahi . Salam blog vaganza.


TAGS   Festival Blog 2010 /


Author

In'am Al Fajar
penikmat kopi dan buku. blog lainnya : http://catatanpakguru.web.id

Recent Post

Recent Comments

Categories

bulan menulis