dari Wonosobo

  • Ngablogburit 2015 /
    8 Jul 2015

    Sepenggal Kisah Tradisi Lebaran

    Takbir kemenangan baru saja berkumandang. Tepat, ketika muadzin menyelesaikan bacaan adzan maghrib. Sembari mereguk teh manis untuk berbuka puasa, saya memanjat syukur dalam hati. Alhamdulillah, seluruh keluarga telah berkumpul di rumah. Semua anggota keluarga yang berdomisili di luar kota sudah mudik. Asyhari yang di Jogja. Juga Noval yang nyantri di kota Brebes. Keduanya sudah berada di rumah. Sehabis sholat maghrib berjamaah, kami sekeluarga membaca takbir. Allahu Akbar Allahu Akbar. Berdizikir lalu berdoa. Eits….. usai berdoa, tiba-tiba Noval nampak tergesa. Ia meninggalkan tempat shalat dan pergi ke ruang tamu. Saya dan Ibu yang melihatnya hanya tersenyum. Aduhai, rupanya si adik sudah tak sabar untuk menata toples lebaran. Di meja tamu itu, Noval meraih beberapa penganan yan
  • Ngablogburit 2015 /
    3 Jul 2015

    Ini Dia Menu-Menu Idaman Saya Di Kala Lebaran

    Apa yang paling ditunggu dari momen lebaran ?.  Silaturahmi ke sanak keluarga. Tentu. Itu nomor satu. Kemudian apa lagi. Saya menjawab cepat, hidangan dan kue-kue khasnya. Anda boleh setuju atau tidak. Perihal hidangan dan kue, pada setiap edisi lebaran saya memiliki beberapa menu idaman Ketupat dan Opor ayam Untuk hidangan berat, saya menempatakan pasangan ‘emas’ ketupat dan opor ayam sebagai menu idaman. Menu yang rasa-rasanya jadi favorit begitu banyak orang. Ya, rasanya kurang lengkap saja, jika dikala lebaran tiba, ketupat dan opor ayam tak tersaji di meja. He he Tape Ketan Masuk ke wilayah camilan. Di urutan pertama saya mengidamkan tape ketan buatan Ibu. Kalau bicara tape ketannya, ah mungkin biasa. Tapi jika melihat pembuatnya, tentu ‘rasa’ tape keta
  • Tak Berkategori /
    1 Jul 2015

    Mengagumi Perintah Berpuasa

    Pada dasarnya, tiap ibadah dalam Islam mesti berpangkal pada kebaikan. Jasmani rohani. Dunai akhirat. Tiap perintah Allah Swt mengandung hikmah luar biasa. Termasuk perintah berpuasa di bulan Ramadhan. Nabi kita menjelaskan, pahala puasa akan diberikan oleh Allah Swt langsung. Tanpa perantara. Puasa, sabda Rasulullah, juga dijamin membawa kesehatan bagi pengamalnya. Puasa bukan sekadar menyehatkan secara fisik. Tapi juga rohani. Dari sisi medis, dengan berpuasa, tiap organ pencernaan kita akan mendapat kesempatan untuk ‘ beristirahat’. Meski beristirahat sementara, hal ini memberi dampak postif bagi tubuh. Puasa akan berimbas bagi positif tubuh, selama kita tak memiliki angan untuk ‘balas dendam’. J. Kok ada acara balas dendam segala ? Itu lho, kebiasaaan makan-min
  • Bola bola /
    7 Nov 2014

    Drama di Jaka Baring, Malam Tadi

    Baru lima menit pertandingan berjalan. Goool. Suporter Persipura bersorak. Ahay. Ian Louis Kabes, sukses menyarangkan si kulit bundar ke gawang Persib. I Made Wirawan tak kuasa membendung gawangnya dari kebobolan. Sungguh, suguhan malam tadi amat mantab. Final ISL tahun ini, benar-benar penuh drama. Hampir sepanjang laga, kedua tim tak henti jual beli serangan. Keduanya sama ngototnya. Sama pantang menyerahnya. Meski Persipura bersicepat mencetak gol di awal pertandingan, nyatanya mental punggawa Persib tak runtuh. Bahkan, tim besutan Djajang Nur Jaman ini, sempat memimpin 2-1. sebelum akhirnya diimbangi Persipuran lewat sontekan Boaz Salossa. Dua kartu merah melayang untuk kedua tim. Masing-masing satu. Kartu merah untuk posisi yang sama, center bek. serasa darah dipompa lebih cepat. pe
  • Langit Musik /
    25 Oct 2013

    Mencintai Musik Indonesia, Mencintai Musik yang 'Gue Banget'

    Ini lagu gue banget. Begitu ungkapan yang sering terjun bebas dari mulut kita, kala ndengerin lagu yang pas dengan suasana hati. Yups, mau gimana aja suasana hati kita, mau lagi berbunga-bunga, galau, sakit, move on, kangen, hingga nostalgia, herannya kok ya ada aja lagunya. Di tangan-tangan kreatif musisi anak bangsa, tiap rasa dan warna perasaan hati itu bisa jadi alunan lagu yang indah. So, udah sepantesnya dong kita ngucapin banyak terimakasih pada mereka, para pencipta lagu sekaligus penyayinya. Karena berkat merekalah kita bisa menikmati musik-musik yang ‘gue banget’ itu. Lalu gimana cara ngungkapin rasa makasihnya ? apa cukup bilang ‘makasih ya’, dengan mata berbinar-b

Author

In'am Al Fajar
Guru MI Ma’arif Klesman. Pengajar di program paket B, C Pondok Pesantren Al Anwar & Roudlotut Tholibin Wat Thulab Jawar Wonosobo. Tholabah Ma’had Aly Al Hikmah 2 Brebes Th. 2008. Belajar menata kalimat di majalah El Waha Pesantren Al Hikmah 2.

Recent Post

Recent Comments

Categories

Archive